GadgetTechnology

Bagaimana Cara Melindungi Ponsel Android Dari Serangan Malware Berbahaya?

baktos.comMalware merupakan perangkat lunak atau software yang sengaja dirancang untuk merusak. Banyak sekali jenis Malware yang bertebaran di dunia digital yang menginfeksi Ponsel Android Anda, Bagaimana Cara melindungi Ponsel Android dari Serangan Malware Berhaya Tersebut, Simak Penjelasannya Berikut ini :

Malware adalah program atau aplikasi yang berfungsi untuk merusak sebuah sistem yang memiliki tujuan untuk merugikan pengguna. Ada beberapa jenis virus yang perlu di waspadai karena bisa menyerang dan membahayakan ponsel Android anda, yaitu sebagai berikut.

  1. Adware : Adware membuat iklan dengan tautan ke halaman web atau aplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan atau pelanggaran keamanan.
  2. Malware: Malware mengambil alih fungsi android tertentu untuk mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, atau melakukan tindakan lainnya.
  3. Ransomware: Ransomware mengunci file atau aplikasi, lalu meminta uang dari pengguna dengan imbalan membuka kuncinya.
  4. Spyware: Spyware memantau aktivitas telepon pengguna untuk tujuan tidak benar. Trojan Horse: menyambungkan dirinya sendiri ke aplikasi yang sah, kemudian mengganggu operasi ponsel android.

Sebelum hal ini terjadi pada perangkat ponsel android anda, metode paling efektif untuk menjauhkan malware berhaya dari perangkat ponsel android adalah dengan menginstal aplikasi antivirus. Aplikasi antivirus tidak hanya dapat mendeteksi keberadaan malware tetapi juga menghapusnya secara efektif dari smartphone. 

Aplikasi antivirus memberikan keamanan terhadap malware dan file mencurigakan lainnya yang dapat membahayakan perangkat. 

Beberapa opsi antivirus untuk pengguna Android adalah Bitdefender Mobile Security, Norton Mobile Security, Avast Mobile Security, McAfee Mobile Security, dan lainnya yang ada di Google Playstore. 

Setelah aplikasi terpasang, pengguna harus memperbaruinya secara teratur. Selain itu, hindari mengeklik tautan yang mencurigakan dan, jika perlu, periksa kembali sebelum membuka tautan tersebut.

Malware membutuhkan akses ke layanan aksesibilitas pada perangkat Android untuk melakukan aktivitasnya dan mencuri informasi penting seperti kunci layar, melakukan tindakan seperti merekam layar perangkat dan berinteraksi dengan perangkat dengan memanfaatkan layanan aksesibilitas. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati saat mengizinkan aplikasi mengakses layanan aksesibilitas. Selain itu, karena mungkin sulit bagi pengguna biasa untuk mendeteksi keberadaan malware di aplikasi android, maka perlu dilakukan semua tindakan yang diperlukan sebelum mengunduh aplikasi dari Google Play Store.

Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Membuka Pemblokiran Iklan Anda