GadgetTechnology

Apakah File Ketika di Hapus Di Android Benar-Benar Hilang?

File baik yang berbentuk gambar, photo, kontak, video bahkan file dokumen lainya yang pernah di hapus pada ponsel sebetulnya tidak  benar-benar hilang secara permanen.

Seperti yang kita tahu ketika menghapus file, file tersebut masuk ke  recycle bin/trash atau tempat sampah, di sinilah file yang telah di hapus dan file tersebut masih kita kembalikan ke asalnya. Dan ketika kita ingin menghapus secara permanen, kita harus menghapus di recycle bin/trash tersebut.

Benarkah ketika file tersebut di hapus dari recycle bin/trash benar-benar hilang secara permanen?.

Dan faktanya adalah file yang telah di hapus tidak benar-benar hilang, file tersebut masih berada di ROM. Secara singkat ketika ponsel meng-copy file dari ROM ke RAM dan mengirim sebuah intruksi ke layar untuk menampilkan file tersebut. Secara sederhana cara kerjanya seperti itu.

Data file apapun itu : *.jpg, *.mp4, *.doc, *.pdf dll yang tersimpan di ponsel pada dasarnya berbentuk biner. Secara sederhana operasi komputer/ponsel Cuma ada dua jenis yaitu read dan write, yang di baca dan di tulis berupa data biner.

Dan fakta mengejukan datang dari perusahaan besar Antivirus yaitu Avast, avast merupakan perusahaan software pembuat keamanan dan perlindungan dari virus.

Baca Juga : Cara Mudah Mempercepat Kinerja Handphone Android Yang Lelet

Avast mengclaim bahwa dirinya dengan mudah mengambil data pribadi dari ponsel bekas. Di kutip baktos dari situs avast mengkatan bahwa mereka dengan mudah mengambil data pribadi dari ponsel bekas, meskipun konsumen menghapus datanya. Dari perangkat merka yang digunakan. AVAST dapat memulihkan lebih dari 40.000 foto pribadi, email, pesan teks, dan dalam beberapa identitas pun bisa mereka dapatkan.

Avast mengatakan “Jumlah data pribadi yang kami ambil dari telepon sangat mencengangkan. Kami menemukan semuanya, mulai dari formulir pinjaman yang telah di isi hingga lebih dari 250 foto selfie yang tampak seperti kejantanan pemilik sebelumnya,” kata Jude McColgan, Presiden Ponsel di AVAST. “Kami membeli berbagai perangkat Android dari penjual di seluruh AS dan menggunakan perangkat lunak pemulihan yang tersedia untuk menggali informasi pribadi yang sebelumnya ada di ponsel. Kesimpulannya adalah bahkan data yang di hapus di ponsel bekas Anda dapat di pulihkan kecuali Anda menimpanya sepenuhnya.”.

Dari penyampaian perusahaan avast ini, mulai saat ini berhati-hatilah dengan data-data yang berada di ponsel. Karena sejatinya penghapusan file tersebut tidak benar-benar hilang secara permanen.

Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Membuka Pemblokiran Iklan Anda